Sabtu, 13 Juni 2020

Materi KBM


                                                      HAND OUT 
Tumbuhan dan hewan dapat melakukan reproduksi secara seksual dan aseksual
a. Reproduksi seksual
    adalah reproduksi yang melibatkan sel kelamin (sel sperma dan sel telur) serta melalui proses fertilisasi (peleburan inti sel sperma dan inti sel telur) untuk membentuk zigot. Zigot akan tumbu dan berkembang menjadi individu baru. Reproduksi aseksual ialah re produksi tanpa melalui proses fertilisasi. Reproduksi berlangsung dengan menggunakan potongan bagian tubuh hewan atau tumbuhanyang selanjutnya dapat tumbuh menjadi individu baru.


Penyerbukan

anemogami 
orritogami
antropogami



b. Reproduksi Aseksual
 Reproduksi aseksual pada tumbuhan adalah perbanyakan tumbuhan tanpa melewati prosES fertilisasi dan menggunakan bagian tubuhtumbuhan untuk menghasilkan tumbuhan baru.
Reproduksi aseksual alami / vegetatif : 
Rhizoma
                                                                 
Stolon
umbi lapis
umbi batang

kuncup adventif

  Reproduksi aseksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung,menempel    dan stek.
cangkok
merunduk
menyambung 
menempel
stek


      Jenis penyebaran biji berdasarkan perantaranya antara lain: anemokori, hidrokori, zookori, dan antropokori.
      Perkecambahan adalah berakhirnya masa dormansi biji dan biji tumbuh menjadi individu baru. Perkecambahan biji dapat dipengaruhi oleh faktor luar diantaranya air. Tumbuhan Angiospermae, Gymnospermae, Pteridophyta (paku), dan Bryophyta (lumut) mengalami tahap sporofit dan tahap gametofit selama masa hidupnya. Tahap sporofit adalah tahap tumbuhan membentuk spora. Tahap gametofit adalah tahap tumbuhan membentuk sel gamet. Tumbuhan Gymnospermae mengalami tahap sporofit dan tahap gametofit.
    Reproduksi seksual tumbuhan Pterydhophyta(paku) melalui fertilisasi gamet jantan dan gamet betina. Reproduksi aseksual tumbuhan paku melalui rizhoma. Reproduksi seksual tumbuhan Bryophyta(lumut) melalui fertilisasi gamet jantan dan gamet betina. Reproduksi aseksual tumbuhan lumut dapat melalui gemmae atau kuncup serta fragmentasi. Pergiliran keturunan pada lumut melalui dua tahapan, yaitu sporofit dan gametofit.Teknologi reproduksi pada tumbuhan meliputi vertikultur, hidroponik, dan kultur jaringan tumbuhan. Hewan dapat melakukan reproduksi aseksual melalui tunas, fragmentasi, dan partenogenesis.
     Hewan yang bereproduksi secara seksual. Berdasarkan perkembangan embrio setelah proses fertilisasi, hewan dibagi menjadi hewan vivipar, ovipar dan ovovivipar..Teknologi reproduksi pada hewan ialah melalui inseminasi buatan. Beberapa hewan dapat mengalami tahap reproduksi seksual dan tahap reproduksi aseksual dalam satu kali siklus hidup. Misalnya pada ubur-ubur. Beberapa hewan dapat mengalami metamorfosis atau perubahan struktur tubuh tiap tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Metamorfosis dapat digolongkan menjadi metamorfosis sempuna dan metamorfosis tidak sempurna. Upaya hewan dan tumbuhan untuk menjaga kelangsungan hidupnya selain melalui reproduksi juga melalui peristiwa adaptasi dan seleksi alam.


                                     





Rangka 

      Sistem gerak pada manusia tersusun dari rangka, sendi dan otot. Rangka disebut alat gerak pasif sedangkan otot disebut alat gerak aktif karena rangka hanya dapat digerakkan oleh otot.
Fungsi rangka antara lain sebagai berikut :
  • Memberikan bentuk dan mendukung tubuh kita 
  • Melindungi organ dalam, sebagai contohnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak.
  • Tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan tulang.
  • Tempat pembentukan sel darah. 
Tulang
Tulang dapat dikelompokkan sebagai berikut:
a. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi tulang panjang (pipa), tulang pendek, tulang pipih, dan tulang yang berbentuk tidak beraturan.
b. Berdasarkan komponen penyusunnya tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras.

1) Tulang rawan (kartilago), ciri-cirinya bersifat lentur dan elastis, banyak mengandung zat perekat atau kondroblast, dan sedikit zat kapur. Contoh pada tulang hidung
2) Tulang keras, ciri-cirinya bersifat keras dan kaku, banyak mengandung zat kapur dan sedikit zat perekat. 

Rangka manusia Dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu :
1) Tulang penyusun kepala (tengkorak) terdiri dari tulang tempurung kepala (10 tulang) dan tulang wajah (13 tulang).
2) Tulang badan yang terdiri atas lima kelompok yaitu:
  • Tulang belakang, Terdiri dari 33 ruas tulang, yaitu 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.
  • Tulang rusuk atau tulang iga, tersusun dari 12 pasang yang dapat dikelompokkan sebagai berikut: 
         a) 7 pasang tulang rusuk sejati.
         b) 3 pasang tulang rusuk palsu. 
         c) 2 pasang tulang rusuk melayang 


Rangka Manusia 
Tulang dada, dibedakan menjadi tiga yaitu:
a. bagian atas (hulu), sepotong tulang berbentuk segitiga.
b. bagian badan.
c. tulang pedang-pedangan (bagian taju pedang), yang tersusun atas tulang rawan. 

Gelang bahu, berjumlah dua yaitu di kanan dan kiri, masing-masing terdiri dari tulang selangka dan belikat.
Gelang panggul, terdiri dari 2 tulang pinggul kanan dan kiri, 2 tulang duduk dan 2 tulang kemaluan. Gelang

Tulang anggota gerak, terdiri atas :
  • Alat gerak bagian atas, tersusun atas 60 tulang yang terdiri dari, 2 tulang lengan atas, 2 tulang hasta (letaknya searah dengan jari kelingking, 2 tulang pengumpil (letaknya searah dengan ibu jari), 16 (2 × 8) tulang pergelangan tangan, 10 (2 × 5) tulang telapak tangan, 28 (2 × 14) jari-jari tangan.
  • Alat gerak bagian bawah, tersusun atas 60 tulang yaitu 2 tulang paha, 2 tulang tempurung kaki, 2 tulang kering, 2 tulang betis, 14 tulang pergelangan kaki, 10 tulang telapak kaki, dan 28 tulang jari kaki.
Sendi
     Persendian ialah tempat perhubungan antara tulang-tulang penyusun rangka tubuh. Sendi dapat dibedakan sebagai berikut:
a. Sendi mati (sinartrosis), yaitu sendi yang tidak memungkinkan adanya gerak. Contohnya sendi antar tulang penyusun tengkorak.
b. Sendi kaku (amphiartrosis), yaitu sendi yang pergerakannya sedikit. Contohnya pada persendian tulang rusuk dan tulang dada.
c. Sendi gerak (diartrosis), yaitu sendi yang pergerakannya bebas. Sendi ini dibedakan menjadi empat  macam sebagai berikut. 
    1) Sendi peluru, merupakan hubungan antara dua tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan  ke segala arah. Misalnya antara gelang panggul dengan tulang paha, antara gelang bahu dengan tulang lengan atas. 
    2) Sendi engsel, memungkinkan pergerakan ke satu arah seperti gerakan pintu dan jendela. Misalnya sendi pada siku dan lutut. 
    3) Sendi pelana, yaitu persendian di mana tulang yang satu dapat bergerak kedua arah, misalnya ke  depan ke belakang atau ke kiri kanan. Misalnya antara tulang ibu jari dan tulang telapak tangan. 
   4) Sendi putar, yaitu persendian di mana tulang yang satu berputar mengitari tulang lainnya. Misalnya antara tulang pengumpil dan tulang hasta. 

Otot sering disebut alat gerak aktif. otot dibagi menjadi tiga, yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
a. Otot polos, terletak pada organ-organ dalam, geraknya lamban, dan bekerja tidak dipengaruhi sistem otak sadar Maka sering disebut otot tidak sadar. Geraknya teratur dan tidak cepat lelah. Berbentuk kumparan (gelendong atau spindel) dan kedua ujungnya meruncing. Setiap sel mempunyai satu inti yang terletak di tengah. 
b. Otot lurik, disebut juga otot rangka karena melekat pada rangka. Selnya berbentuk silinder dan memiliki banyak inti. Sel-sel otot membentuk serabut otot. Bagian tengah otot menggembung dan kedua ujungnya yang keras mengecil disebut urat atau tendon.Tendon inilah yang melekat pada tulang. Otot lurik bekerja secara sadar atau di bawah perintah otak dan kontraksi yang terus menerus menimbulkan kelelahan.
c. Otot jantung, memiliki sifat seperti otot polos, terletak pada jantung, dan strukturnya menyerupai otot lurik. Namun otot jantung berbeda dengan otot lurik karena memiliki sel bercabang dan satu inti yang berada di tengah. Otot jantung termasuk otot tidak sadar dan dapat bekerja terus-menerus. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajinan tangan siswa SMP YPM 1 Taman

Kerajinan tangan Siswa SMP YPM 1 Taman ,produk daur ulang botol plastik minuman ,dihias dengan  gambar lucu dan menarik ,dilengkapi ta...

Perkembangbiakan Makhluk Hidup